Skip to main content

CERITA TENTANG "MALU"



RAHASIA DI BALIK KATA MALU 
( AL HAYAA’)
Oleh : Gesit Budi Argo
Pembaca yang di muliakan oleh Allah, kata “Malu” dalam bahasa arab adalah الحياء ( Al haya’ ) kata ini merupakan derivat dari kata الحياة( Al hayyah ) yang artinya adalah “kehidupan”. Selain  الحياء( Al hayya’) contoh derivat lain kata الحياة adalahحيا ( Hayaa ) yang artinya “hujan“ . apa kaitan antara hujan dan kehidupan ??? kaitanyya adalah bahwa hujan merupakan sumber kehidupan bagi bumi, tanaman, dan hewan ternak bahkan manusia.
Dalam bahasa arab الحياة( Al Hayaah ) “ Kehidupan “ mencakup kehidupan dunia dan akhirat. Lalu, kembali ke pokok bahasan utama, apa kaitan الحياء Al hayaa’ ( malu ) denganالحيا  AlHayaah             ( kehidupan ) ???
Jawabannya adalah karena orang yang tidak memiliki rasa malu, ia seperti mayat didunia ini, dan ia benar – benar akan celaka di akhirat.
Orang yang tidak memiliki rasa malu, tidak merasa risih ketika bermaksiat. Ketika ia menontonkan lekuk tubuhnya, memamerkan keseksiannya, dan memamerkan aurotnya, ia tidak merasa bahwa itu adalah perbuatan yang “ MENJIJIKKAN”.
Ketika ia beduaan dengan lawan jenis atau istilah trennya dengan sang – Pacar yang bukan mahromnya ditengan keramaian, ia tidak peduli dengan tatapan heran manusia.
Ketika ia melanggar setiap larangan Allahh, ia anggap sebagai rutinitas, seolah –olah dia tidak merasa dirinya “HINA”.
Benar !!! ia seperti mayat, ya !!! apapun yang terjdi disekitar mayat, tidak akan dapat mendatangkan manfaat baginya.
Maka, benarlah p9erkataan Ibnu Qayyim, yang artinya “ diantara dampak maksiat adalah menghilangkan malu yang merupakan sumber kehidupan hati dan inti dari segala kebaikan, hilangnya rasa malu berarti hilangnya seluruh kebaikan.”
Ini sebagaimana sabda Nabi :
الحياء خير كله
“ Rasa malu seluruhnya adalah kebaikan”. (Sahih Muslim¨:87 )
Oleh karena itu, seseorang yang bermaksiat dan terus – menerus melakukannya dikatakan sebagai seorang yang tidak tahu malu.
Nabi bersabda :
 “ Sesungguhnya termasuk yang pertama diketahui manusia dari ucapan kenabian adalah “ jika kamu tidak malu, berbuatlah sesukamu!!!”. (shahih Bukhori : 5769)
Dalam menjelaskan Hadist diatas, Ibnu Qoyyim berkata, “Maksudnya, dosa – dosa akan melemahkan rasa malu seorang hamba, bahkan bisa mnghilangkannya secara keseluruhan, akibatnya pelakunya tidak lagi terpengaruh atau merasa risih saat banyak orang mengetahuo kondisi dan perilakunya yang buruk, lebih parah lagi banyak diantara mereka yang menceritakan keburukannya. Semua ini di sebabkan hilangnya rasa malu, jika seseorang sudah sampai pada kondisi tersebut, tidak dapat diharapkan lagi kebaikannya”. ( Musykil).
Akhirnya saya akhiri artikel ini dengan kutipan lagi perkataan Ibnu Qayyim :
الله تعلى من معصيته لم يستح الله من و من استحي من الله عند معصيته استحي الله من عقوبته يوم يلقاه و من لم يستح من عقوبته
“ Barang siapa malu terhadap Allah saat mendurhakai-Nya, niscaya Allah akan malu menghukumnya pada hari pertemuan dengan- Nya, demikian pula, barang siapa tidak malu mendurhakai Nya niscaya Dia (Allah) tidak  malu untuk menghukumnya”.
CAMKAN…!!!
Referensi : Kitab الدأ و الدوأ karya Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
Mas Pogkel_@ymail.com

Comments

Popular posts from this blog

SOROF BAGI PEMULA : BAB V : BINA' MITSAL

BINA' MISTAL a.     Pengertian bina’ mitsal       i.      Bina’ mitsal adalah kalimah fi’il madhi yang awalnya berupa huruf ilat. فَسَمِّ مُعْتَلًا مِثَالًا كَوُضِحْ [1] فَإِنْ يَكُنْ بِبَعْضِهَا المَاضِي افْتُتِحْ Contoh: يَسَرَ, وَضَحَ . Catatan: Bina’ mitsal bisa masuk kesemua wazan tsulasi mujarrod, kecuali wazan فَعَلَ –   يَفْعُلُ .     ii.      Bina’ mitsal adalah kalimah yang fa’ fi’ilnya berupa huruf ilat. فَسَمِّـهِ الْـمِثَالَ خُذْ نَـحْوَ وُعِــلْ [2] فَـأَوَّلُ الْأَنْــوَاعِ مَــــا فَاءً أُعِـــلْ Contoh: وَعَدَ, يَسَرَ . b.     Pembagian bina’ mitsal Bina’ mitsal dibagi menjadi 2. 1)    Mitsal wawi. Mitsal wawi adalah kalimah yang fa’ fi’ilnya berupa huruf wawu. Contoh: وَعَدَ . 2)    Mitsal ya’i. Mitsal ya’i adalah kalimah yang fa’ fi’ilnya berupa huru...

SOROF BAGI PEMULA BAB IV: BINA' MAHMUZ

Bina’ Mahmuz a. Pengertian. i. Bina’ mahmuz adalah kalimah yang salah satu huruf asalnya berupa huruf hamzah. مَــاالْهَمْــزُ فِى اُصُوْلِـهِ وَحُـكْمُـهُ اِنْ شِـئْتَ مَهْمُوْزًا فَذَاكَ رَسْمُـــهُ جَاعِنْدَهُـمْ حَرْفًا صَحِيْحًافِى الْأَسَدْ حُكْمُ الصَّحِيْحِ أَىْ لِأَنَّ الْهَمْزَ قَدْ Contoh: وَأَبَ,  وَأَمَ. ii. Bina’ mahmuz adalah kalimah yang salah satu dari fa’, ‘ain, atau lam fi’ilnya berupa huruf hamzah.  نَحْوُ قَرَا سَأَلَ قَبْلَ مَا أَفَلْ مَهْمُوْزٌ اِالَّذِى عَلَى الْهَمْزِ اشْتَمَلْ Contoh: قَرَأَ. b. Pembagianbina’ mahmuz ada 3, yaitu: 1) Mahmuz fa’. Mahmuz fa’ yaitu kalimah yang fa’ fi’ilnya berupa huruf hamzah. Contoh: أَفَلَ. 2) Mahmuz ain. Mahmuz ain yaitu kalimah yang ain fi’ilnya berupa huruf hamzah. Contoh: سَأَلَ. 3) Mahmuz lam. Mahmuz lam yaitu kalimah yang lam fi’ilnya berupa huruf hamzah. Contoh: قَرَأَ. Catatan: Bina’ mahmuz tidak bisa diikutkan bina’ sokhih, walaupun sebenarnya hamzah tersebut m...

SOROF BAGI PEMULA BAB III: BINA' MUDHO'AF

Bina’ Mudho’af فهو من الفعل مطلقا                                       ما عينه و لامه توافقا فى الجنس نحو ردّ زيد واعدّ                   وهو من الفعل الرباعى ما اتّحد فى الجنس فاؤه ولام سابقة                               كذاك عينه ولام لاحقة Bina’ Mudho’af dibagi menjadi 2 : Mudho’af tsulatsi adalah kalimah yang ‘ain fiil dan lam fiilnya berupa huruf yang sama. Contoh :مدّ Mudho’af ruba’i adalah kalimah yang fa’ fiil dan lam fiil yang pertama berupa huruf yang sama, dan ‘ain fiil dan lam fiil yang kedua berupa huruf yang sama. Contoh :طاءطاء اوّل مثلين محرّكين فى                  كلمة ادغم لاكمثل صفف وذلل وكلل ولبب                   ولاكجسّس ولاكاخصص ابى ولاكهيلل وشذ...